Navigasi Profil Desa Profil Kami My Other Blog Web Tetangga

Jeget Ayu, Sejarah Awal Kecamatan Jagong Jeget

Sejarah 

Jagong Jeget merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Aceh Tengah, Propinsi Aceh, jagong Jeget merupakan kecamatan paling ujung Kabupaten Aceh Tengah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Jagong Jeget berada di ketinggian 1500 mdpl, sehingga membuat daerah ini sangat dingin. Suhu terendah dapat mencapai 14 derjat celcius.
Jeget Ayu merupakan ibukota kecamatan Jagong Jeget, desa ini merupakan desa terluas, dengan luas secara keseluruhan yaitu 24 km2, masing-masing 13,25 km2 luas kampung dan 10,75 km2 luas perkebunan. Terdiri dari 5 dusun, yaitu Dusun Tambak Sari, Wih Empan, Suka Maju, Suka Makmur, dan Gedum Malik. Wilayah Jeget Ayu secara umum memiliki ciri geologis berupa dataran tinggi, lahan perkebunan, ladang yang sangat cocok untuk tanaman jenis palawija dan buah-buahan, dan juga tambak-tambak ikan air tawar yang dibangun di depan rumah warga,sebagian besar masyarakat Jeget Ayu adalah petani kopi yang kesehariannya menghabiskan waktu di kebun, para pedagang yang mendiami pasar yang umumnya merupakan pendatang, dan hanya sebagian kecil yang bekerja di instansi pemerintah. Kampung Jeget Ayu memiliki fasilitas dan sarana publik lengkap, ini dikarenakan kampung ini berada di pusat kecamatan, fasilitas yang dimiliki antara lain sekolah antara lain PAUD, TK, RA, MIN, SD, MTsN, SMP, SMA dan SMK. Fasilitas lain seperti Kantor Kecamatan, Balai penyuluhan pertanian, Puskesmas kecamatan, Danramil, PLN, Bang BRI dan Bank Aceh, Balai Desa, Polindes, mesjid dan musalla di setiap dusunnya. 
Sejarah Awal Kecamatan Jagong Jeget pada mulanya adalah Desa Transmigran. Pada tahun 1982, warga dari pulau Jawa didatangkan ke Desa Jagong (saat itu masih bergabung bersama Isaq). Masyarakat yang di sebut Transmigran bertransmigrasi dan dikirimkan resmi oleh Pemerintahan Indonesia pada saat itu. Oleh sebab itu lah higga saat ini, penduduk Jagong 80 persen diantaranya merupakan penduduk suku Jawa. Menurut cerita warga tetua. Pada awal dikirim menjadi transmigran ke Jagong, mereka hanya bermodalkan uang pas – pasan. Tidak membawa apa – apa. Setibanya di Jagong yang saat itu masih berupa hutan yang sangat lebat, mereka hanya diberikan sepetak tanah dan rumah sebagai modal awal. Saat itu, makanan dan kebutuhan lainnya masih dijatahi oleh Perusahaan yang menjadi devloper desa. Masyarakat Transmigrasi benar – benar memulai usahanya dalam hal pembangunan desa mulai dari NOL.

Awalnya, Jagong adalah salah satu desa di bawah kecamatan Isaq. Kemudian Desa tersebut terbagi menjadi 4 Dusun, salah satunya Dusun Jeget Ayu. Kemuadian seiring dengan perkebangan masyarakat desa, akhirnya Jagong terpisah dari Isaq dan membentuk Kecamatan sendiri. Pada masa sebelum konflik Aceh berkecamuk. Kecamatan Jagong Jeget merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbesar di Aceh. Pada masa itu kopi yang dihasilkan tidak hanya dipasarkan di wilayah Indonesia saja, tetapi sampai ke manca negara. Pada saat itu pula, transaksi perdagangan biji kopi mencapai Rp 250 Juta – Rp 500 Juta per harinya. Namun, karena konflik, ruang gerak masyarakat desa menjadi lebih sempit, petani yang merupakan suku Jawa banyak yang pulang kampung, perkebunan kopi tidak dipedulikan lagi, akhirnya geliat perdagangan kopi menjadi memudar.
Meski sudah berpuluh tahun tinggal di tanah Aceh. Masyarakat Transmigrasi tidak meninggalkan nilai – nilai budaya dan kearifan lokal kampung halaman mereka. Masyarakat masih tetap melestarikan budaya Jawa meski mereka tidak lagi berada di kampung halaman mereka. Bahkan yang menarik adalah, masyarakat masih menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa komunikasi sehari – hari. Sampai – sampai kami yang KKN di sana seperti sedang berada di desa – desa umumnya di pulau Jawa. Demikianlah sedikit cerita mengenai sejarah desa Jeget Ayu yang merupakan cikal bakal Kecamatan Jagong Jeget.

Comments
0 Comments

0 komentar:

KKN 2014 JEGET AYU JAGONG JEGET. Diberdayakan oleh Blogger.

Catatan

Berikami saran Untuk posting yang lebih baik

.