Navigasi Profil Desa Profil Kami My Other Blog Web Tetangga

Profil Desa Jeget Ayu

Gambaran Umum Lokasi KKN 

Jagong Jeget merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Aceh Tengah, Propinsi Aceh, jagong Jeget merupakan kecamatan paling ujung Kabupaten Aceh Tengah yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya. Jagong Jeget berada di ketinggian 1500 mdpl, sehingga membuat daerah ini sangat dingin.
Jeget Ayu merupakan ibukota kecamatan Jagong Jeget, desa ini merupakan desa terluas, dengan luas secara keseluruhan yaitu 24 km2, masing-masing 13,25 km2 luas Desa dan 10,75 km2 luas perkebunan.



Desa Jeget Ayu berbatasan dengan wilayah:

  • Sebelah utara berbatasan dengan pegunungan Jagong (lahan perkebunan)

  • Sebelah selatan berbatasan dengan Desa Bukit Sari

  • Sebelah timur berbatasan dengan Desa Jeget Ayu dan Gading Jaya

  • Sebelah barat berbatasan dengan Desa Paya Tungel dan Paya Dedep


Jarak Kepusat Pemerintahan
·          Pusat Kecamatan
Desa Jeget Ayu berada di Pusat Kecamatan Jagong Jeget
Pusat Kabupaten/Kota
1.       80 KM
2.       1,5 Jam
·          Pusat Propinsi (Banda Aceh)
1.       300 KM
2.       8 Jam



Penduduk di Desa jeget Ayu adalah yang  yang paling banyak diantara desa-desa lain di kecamatan Jagong, total jumlahnya adalah 560 KK yang terbagi dalam 5 dusun yaitu Gedum malik, Suka Makmur, Suka Maju, Wih Empan dan Tambak Sari.
Wilayah Jeget Ayu secara umum memiliki ciri geologis berupa dataran tinggi,  lahan perkebunan, ladang yang sangat cocok untuk tanaman jenis palawija dan buah-buahan, dan juga tambak-tambak ikan air tawar yang dibangun di depan rumah warga, sebagian besar masyarakat Jeget Ayu adalah petani kopi yang kesehariannya menghabiskan waktu di kebun, para pedagang yang mendiami pasar yang umumnya merupakan pendatang, dan hanya sebagian kecil yang bekerja di instansi pemerintah.
Desa Jeget Ayu memiliki fasilitas dan sarana publik lengkap, ini dikarenakan Desa ini berada di pusat kecamatan, fasilitas yang dimiliki antara lain sekolah antara lain PAUD, TK, RA, MIN, SD, MTsN, SMP, SMA dan SMK. Fasilitas lain seperti Kantor Kecamatan, Balai penyuluhan pertanian, Puskesmas kecamatan, Danramil, PLN, Bang BRI dan Bank Aceh, Balai Desa, Polindes, mesjid dan musalla di setiap dusunnya.

Jumlah penduduk menurut agama atau kepercayan :
            Dalam Desa jeget Ayu memeluk agama Islam 100%.
 

Comments
0 Comments

0 komentar:

KKN 2014 JEGET AYU JAGONG JEGET. Diberdayakan oleh Blogger.

Catatan

Berikami saran Untuk posting yang lebih baik

.